Mengenal Seperti apa Tupai Albino dan Habitatnya

Albino atau Albinisme merupakan salah satu kelainan bawaan yang memiliki ciri khas seperti kurangnya ataupun tidak adanya pigmen melanin pada mata, kulit, dan rambut. kelainan ini dapat ditemukan pada manusia dan hewan. Tidak terkecuali tupai albino.

Tupai pada umumnya memiliki warna bulu dominan coklat dan abu-abu. Namun, tupai albino memiliki bulu dan kulit berwarna putih bersih dikarenakan kelainan pada genetiknya. Tupai albino terlihat sangat menawan dengan bulunya yang putih dari kepala hingga ke ujung ekor.

Sayangnya, tupai albino tidak dapat hidup bertahan lama karena kelainan tersebut dan jumlahnya pun sedikit. Penyebab berkurangnya populasi tupai albino ternyata merupakan akibat dari kelainan yang dialami tupai-tupai itu sendiri.

 

Makanan Tupai albino

Tupai albino suka cenderung menyukai buah-buahan manis, namun terkadang tupai albino juga memakan kacang kacangan juga.

tupai albino
Gambar tupai albino | via masjawa.com

Karena kekurangan pigmen melanin, maka terjadi beberapa dampak antara lain tidak dapat melakukan kamuflase, sehingga tupai albino lebih mencolok dan memudahkan para predator untuk menemukan mereka. Tupai albino juga memiliki gangguan penglihatan, sehingga mereka tidak dapat berlali dengan lincah untuk menghindari bahaya.

 

Fisik Tupai Albino

Menurut sumber, Warna putih yang ada pada tupai albino disebabkan oleh kurangnya pigmen melanin yang seharusnya dimiliki disetiap makhluk hidup. Pigmen tersebut merupakan salah satu penyebab yang mengatur warna kulit, mata, dan rambut. Namun pada hewan albino, enzim yang memproduksi melanin bisa dibilang sudah rusak maupun tidak ada sejak lahir.

Sampai-sampai, ada tim khusus yang telah ditunjuk dan dipertanggung jawabkan oleh masyarakat Kota Olney untuk menghitung jumlah populasi tupai albino setiap tahunnya. Pada tahun 2014, tupai albino di Kota Olney berjumlah kurang lebih 75 ekor.

Pada tahun selanjutnya jumlahi tupai-tupai albino bertambah dari 75 ekor menjadi sekitar 88 ekor. Sayangnya, populasi tidak lagi meningkat melainkan jumlah populasi tupai albino terus menurun.

 

Habitat Tupai albino

Tupai albino adalah tupai yang langka yang paling banyak ditemukan di daerah Onley, Amerika Serikat. Dikarenakan tupai ini langka, masyarakat pada kota tersebut sangat memperhatikan keberadaan dan keadaan tupai albino.

Tempat tinggal tupai albino tidak jauh berbeda dengan tupai lainnya, tupai albino juga biasa berpindah sarang untuk menghindari predator yang ingin memangsanya, biasanya mereka mencari pohon yang sudah berlubang maupun bekas sarang burung pelatuk untuk dijadikan sarang baru mereka.